menuju-jurnal-terakreditasi-universitas-nasional

Jakarta [UNAS] – Selama ini jurnal dibuat dengan cara manual yang cukup membuang banyak waktu dan kertas, sekarang telah hadir e-journal yang memudahkan para pembuat jurnal. Oleh karena itu, KKI (Kantor Kerjasama Internasional) bekerjasama dengan Rutgers University dan USAID mengadakan pelatihan e-journal Rabu (8/4). Selain lebih memudahkan, pelaksaan e-journal juga merupakan program nasional di 2016 agar jurnal dapat diakreditasi. Pelatihan ini diadakan selama tiga hari dari tanggal 8 sampai 9 April di Univeristas Nasional.

Pelatihan ini dibuat agar para dosen di Unas yang membuat jurnal bisa mempublikasikan jurnalnya dan dapat diakreditasi secara nasional. Apalagi untuk bisa menjadi ‘Research University’ jurnal harus terakreditasi dan dalam e-journal.

Dalam pelatihan ini para peserta yang merupakan dosen Unas melakukan praktik langsung mengerjakan jurnalnya. Baik yang sudah selesai ataupun masih dalam proses pengerjaan. Tim pelatih berasal dari LIPI yang sudah biasa melatih secara nasional.

Pelatih langsung mengarahkan peserta menggunakan aplikasi yang biasa dipakai e-journal di seluruh dunia. “Saya ajak semuanya supaya dimanfaatkan, jangan sampai kita ketinggalan kereta dengan yang lainnya. Intinya kita ini sedang menuju jurnal terakreditasi,” ujar J. Sugardjito, Ph.D selaku direktur KKI.

Selama ini jurnal bisa diakreditasi oleh dua versi lembaga, yaitu LIPI dan DIKTI. Untuk jurnal, rencananya nanti tidak ada lagi akreditasi secara dua versi, tapi hanya satu versi saja yaitu jurnal nasional yang akan dinamakan ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).